Sunday 3 March 2013

Posted by Billion |
Tips cara memilih jenis cat kayu dengan benar?
 
Jenis Cat kayu ada 3 jenis yang ada di pasaran. Cara pengecatan kayu yang benar tidak diketahui oleh kita yang masih awam dalam dunia pertukangan. Mengecat adalah
salah satu upaya agar tampilan benda lebih cantik dan menawan, selain itu fungsi finishing / pengecatan adalah dapat memperpanjang daya tahan kayu terhadap cuaca. Kita akan mempelajari 3 jenis cat kayu tersebut disini :
 
1. Cat Solid
Produsen cat menyebut cat solid dengan opaque finish, cat ini cocok untuk kayu dengan tekstur kurang menarik atau terdapat banyak cacat di sana sini. Cat ini mampu menyembunyikan cacat kayu dengan sempurna. Ada dua jenis cat kayu jenis ini yaitu cat minyak /cat sintetik dan cat duco. Walaupun cat duco biasanya digunakan pada industri otomotif tapi cat ini juga cocok untuk kayu. Aplikasi cat duco juga harus mengunakan semprot kompresor, berbeda dengan cat minyak yang bisa di aplikasikan hanya dengan kuas saja.

2. Cat Transparan Pelitur
Cat pelitur hanya menutup permukaan kayu secara rapat, akan tetapi warna alami kayu tetap kelihatan dan tetap dipertahankan karena inilah kelebihan cat pelitur. Jika pagar memeakai kayu dengan serat tekstur yang unik cat jenis ini sangat cocok karena mampu memperlihatkan tekstur asli kayu. Jadi pilihlah pelitur yang baik agar kayu anda tahan dari sinar matahari dan pudar.

3. Cat Efek Khusus
Selain cat transparan dan cat solid, ada juga cat yang memberikan efek khusus. Pengaplikasian cat ini menghasilkan beberapa efek seperti tekstur granit, kesan antik, retak-retak, bahkan besi tempa.
memilih cat kayu dengan benar

Jadi pintar-pintarlah memilih cat untuk kayu, karena pemilihan cat sesuai jenis kayu sangat disarankan. Jangan sampai tekstur kayu yang sangat bagus hilang karena anda salah pilih cat kayu. So pilih cat kayu terbaik walaupun harganya agak tinggi dari yang lain, karena fungsi cat kayu sendiri bisa mempertahankan kayu dai cuaca dan panas matahari sehingga memperpanjang umur kayu sendiri. Dari pembahasan ini anda juga akan tahu perbedaan antara cat duco, cat pelitur, dan cat minyak sintetik.
 
sumber: Aryaniarts.com

2 comments:

  1. terima kasih atas tutorialnya.kebetulan rumah saya dari kayu

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk multiplek cocoknya cat yg tipe apa ya?

    ReplyDelete